Kodim Aceh Utara Lakukan Sergab di Seuneudon


Selasa, 15 Agustus 2017 - 16.25 WIB


ACEH UTARA - Dalam rangka meningkatkan daya serap Bulog terhadap hasil panen petani di wilayah Kabupaten Aceh Utara, Kodim 0103/Aceh Utara melalui Koramil 09/Seuneudon kembali melaksanakan kegiatan Serapan Gabah (Sergab) dari petani di Desa Tanjong Pinang Kecamatan Seuneudon Kabupaten Aceh Utara, Selasa (15/08).


Pada kesempatan itu, Danramil Seuneudon Kapten Inf Saifullah mengatakan Sergap tak hanya memastikan stabilitas harga pembelian gabah dan menjamin stok Bulog, tetapi yang terpenting justru memotong rantai pasokan gabah. Selama ini, disparitas harga beras ditengarai berasal dari panjangnya rantai pasokan dari gabah petani hingga beras sampai ke tangan konsumen.


Selain itu dengan kegiatan Sergab ini sebagai salah satu upaya mendukung Program pemer8ntah dalam mewujudkan Swasembada Pangan. 


Kasi pengadaan dan pelayanan publik Bulog Lhokseumawe Zulkifli mengatakan Tujuan dari pelaksanaan Sergap ini adalah untuk membantu petani dalam menjual hasil panennya agar tidak dibeli oleh para tengkulak dan menambah stok gabah  Bulog. Dengan dibelinya gabah petani oleh Bulog diharapkan petani tidak terjebak dalam permainan harga.


Lebih lanjut dikatakan bahwa melalui Sergab ini secara tidak langsung petani ikut berperan dalam menciptakan ketahanan pangan di daerah karena hasil panen mereka tidak dijual kepada pembeli yang kemungkinan berasal dari luar daerah.


Turut hadir dalam kegiatan Sergab diantaranya Pasiter Kodim 0103/Aut Lettu Inf Setyo Priambodo, Ibu Mutia, Meneger UPGP Bulog Lhokseumawe Akrabuddin, para Babinsa dan Mantri tani. [Tas]
Bagikan:
KOMENTAR