BNPB Minta Pendataan Rehab Pasca Gempa Selesai Bulan Ini


Rabu, 16 Agustus 2017 - 11.00 WIB


PIDIE JAYA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Laksamana Muda (Purn) Willem Rampangilei, meminta agar pendataan Rehabilitasi dan Rekontruksi pembangunan pasca gempa Pidie Jaya diselesaikan bulan Agustus ini. Pasalnya, masih ada pembangunan yang belum terdata.


Hal ini disampaikannya kepada wartawan saat dirinya melakukan kunjungan kerja dalam rangka pemantauan pelaksanaan rehabilitasi dan rekontruksi pasca gempa Pidie Jaya, yang berlangsung di Pendopo Bupati Pidie Jaya, Aceh, Selasa (15/8). Masalah pendataan saat ini yang belum selesai kata dia adalah pendataan pemukiman.


"Semua sudah kita susun target yang harus kita selesaikan, sekolah-sekolah harus selesai tahun 2017, pemukiman harus selesai di 2017. Oleh karena itu saya memutuskan untuk mendirikan tim pendampingan tekhnis untuk membantu kepala daerah disini, sehingga pelaksanaan Rehab rekon berjalan sesuai dengan rencana," kata Willem.


Ia menyebutkan, Presiden RI Jokowi juga telah perintahkan langsung bahwa pendataan Rehab Rekon ini harus dilakukan secepatnya. Selain itu, ada beberapa bidang yang harus selesai di tahun 2017 dan ada juga yang kerusakan-kerusakan massif yang besar tidak mungkin dilakukan secara tuntas di tahun 2017 karena mekanismenya itu harus melalui lelang dan sebagainya. 


Ia mencontohkan pembangunan mesjid At Taqarrub yang menurutnya tidak mungkin diselesaikan dalam waktu lima hingga enam bulan pembangunannya, jadi sesuai rencana bahwa mesjid At Taqarrub harus selesai tahun depan sebelum bulan puasa sehingga masyarakat nantinya bisa menggunakan mesjid itu untuk ibadah. [Jem]
Bagikan:
KOMENTAR