Dandim 0103: Jadikan momentum Idul Fitri untuk saling memaafkan


Rabu, 05 Juli 2017 - 21.10 WIB


LHOKSEUMAWE - Komando Distrik Militer (Kodim) 0103 /Aceh Utara menggelar Halal Bihalal seluruh Prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkunganya bertempat di halaman Makodim setempat, Rabu (05/07).


Dalam sambutanya Dandim mengatakan bahwa Halal Bi Halal adalah sebuah tradisi saling meminta dan memberi maaf satu sama lain. Kegiatan ini awalnya merupakan sebuah kegiatan ritual keagamaan, terutama bagi pemeluk agama Islam di Indonesia.


Sebagai umat Islam sudah selayaknya kita berlapang dada, khususnya terhadap sesama muslim dan muslimah, yang sudah barang tentu dalam kehidupan sehari-hari melakukan hal-hal yang membuat kita khilaf, rasa salah dan rasa berdosa.


"Sebagai aparat teritorial, Jadikan Idul Fitri ini sebagai ajang untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat dan saling memaafkan satu sama lainya, sehingga apabila ada permasalahan dengan sesama rekan, dengan idul fitri ini segala permasalahan tersebut bisa terselesaikan," katanya.


Lebih lanjut dikatakan Dandim, Halal Bi Halal adalah refleksi ajaran Islam yang menekankan sikap persaudaraan, persatuan, dan saling memberi kasih sayang. Fenomena Halal Bihalal sudah menjadi budaya. Budaya memaafkan, saling mengunjungi dan saling berbagi kasih sayang.


"Selaku pribadi dan selaku Komandan Kodim Aceh Utara, dalam kesempatan ini mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan diantara kita semua dan memberikan kekuatan lahir dan bathin," tutupnya. [Tas]
Bagikan:
KOMENTAR