Somalia kelaparan, pesohor dunia sumbang beli pesawat angkut makanan


Kamis, 23 Maret 2017 - 08.19 WIB


Somalia tengah berada dalam keadaan krisis. Kekeringan yang melanda wilayah selatan negara tersebut semakin hari semakin parah hingga menyebabkan kelaparan kepada rakyatnya. Akibat kondisi tersebut, sedikitnya dua 26 orang tewas dalam tiga hari terakhir.


Somalia disebut-sebut sebagai negara yang mengalami kekeringan paling ekstrem sepanjang sejarah. Kurangnya pasokan air, makanan, serta kebutuhan lain membuat rakyatnya merasakan penderitaan berkepanjangan.


Kondisi tersebut otomatis mengundang simpati dari publik dunia, salah satunya adalah mantan bintang Vine Jerome Jarre dan Spartanfam. Keduanya memulai aksi bantuan dengan cara peluncuran permohonan dana dengan ide sedikit unik.


Idenya adalah membeli satu pesawat, Turki Airlines, untuk terbang ke Ibu Kota Mogadishu secara khusus ke Somalia membawa bantuan. Pesawat tersebut akan membawa muatan seperti makanan dan beberapa bantuan langsung lain yang dibutuhkan. Dibutuhkan dana kurang lebih USD 1 juta (setara Rp 13,3 miliar) untuk mewujudkan ide ini.


Melalui halaman situs GoFundMe, mereka memulai kampanye bertajuk "Maskapai Turki Membantu Somalia" yang langsung menjadi viral. Hanya dalam kurun waktu 24 jam, target yang mereka tercapai. Sebanyak 50.000 ikut berkontribusi untuk mendukung proyek tersebut.


"Kami cinta Somalia. Kami menyebut ini sebagai penerbangan yang sangat berarti," tulis maskapai penerbangan Turki dalam akun media sosial Twitternya sambil menyertakan nama kedua penggagas proyek ini, seperti dilansir dari laman Indy 100, Rabu (22/3).


Proyek ini dibuat dengan konsep sama seperti Ice Bucket Challenge, di mana orang-orang yang telah memberikan bantuan dana akan menantang calon pendukung lain melalui sebuah video.


Nama aktor Ben Stiller turut muncul dalam proyek tersebut sebagai salah satu pemberi dana. Dia kemudian menantang teman-teman lain dari profesi sama untuk ikut terlibat. Tiga orang yang dinominasikan Stiller antara lain Lewis Hamilton, Emma Watson dan Cara Delevingne.


Meski belum ada konfirmasi dari ketiganya, namun Stiller memastikan sumbangan itu akan diberikan selebritis tersebut melalu yayasan mereka.


Hingga Selasa (21/3), bantuan yang ada terus berkembang. Dengan bantuan tersebut mereka akan mulai mengirimkan 60 ton makanan pada Senin mendatang. Adapun makanan yang akan dikirimkan berupa nasi, tepung, serta bahan-bahan lain yang bergizi. Selain itu, beberapa truk air juga akan dikirim ke wilayah terkena dampak kekeringan paling parah.


Sebagai salah satu pendukung, rencananya Stiller akan ikut terbang ke Somalia untuk mendokumentasikan upaya bantuan. [merdeka]
Bagikan:
KOMENTAR