Misi Alba Buktikan Diri dan Dapatkan Kepercayaan Lebih Besar dari Enrique


Rabu, 22 Maret 2017 - 14.53 WIB


BARCELONA - Jordi Alba sedikit kecewa waktu bermainnya belakangan menurun. Tak mau banyak bicara, dia ingin membuktikan diri di lapangan pantas dipercaya lebih besar.


Jatah bermain Alba di Barcelona belakangan agak berkurang. Di Liga Spanyol, sejak memasuki tahun 2017 ini dia tampil penuh hanya di lima kesempatan dari total 12 pertandingan. Dalam periode itu, Alba empat kali cuma duduk di bangku cadangan.


Perubahan pola bermain dari empat bek ke tiga bek yang diusung Luis Enrique tak membantunya. Alba yang posisi aslinya adalah bek kiri, menjadi semacam kehilangan tempat.


Beberapa kali dia memang dimainkan di posisi terkiri dari tiga bek, namun pada akhirnya harus berbagi posisi tersebut dengan rekannya yang bermain sebagai bek tengah.


Enam partai terakhir seluruh ajang dilewati Barca dengan pola tiga bek ini. Alba cuma bermain di tiga pertandingan dalam periode itu, sementara di tiga lainnya cuma menyaksikannya dari bangku cadangan.


Namun Alba tak mau banyak bicara atau menuntut penjelasan dari Enrique terkait hal ini. Dia optimistis mampu menjalankan peran jika dipercaya bermain di pola tersebut. Oleh karena itu saat ini fokusnya merebut keyakinan lebih besar dari Enrique dengan pembuktikan di lapangan, baik di arena latihan maupun di laga sesungguhnya.


"Semua pemain ingin punya kontinuitas, untuk mendapatkan menit-menit bermain. Benar bahwa saya lebih terlibat di beberapa musim terakhir ketimbang saat ini, tapi itu adalah keputusan pelatih," kata Alba kepada Movistar+.


"Ketika saya bermain, saya tak meminta penjelasan dan saya juga tak akan menuntutnya sekarang. Saya harus bekerja dan memberikan segalanya, dan ketika saya diberikan menit-menit bermain saya harus memaksimalkannya, sebagaimana yang sudah selalu saya lakukan."


"Saya rasa saya bisa bermain dengan pola tiga bek. Saya mampu melakukannya. Jelas kekuatan saya adalah naik-turun di sayap, itulah yang sudah memberikan saya kesempatan untuk bermain di tim nasional dan Barcelona."


"Tapi pada akhirnya, adalah pelatih yang menentukan jadi saya harus mengeluarkan yang terbaik dari diri saya demi mampu bermain di sistem apapun," tambahnya seperti dikutip Soccerway. [detik]
Bagikan:
KOMENTAR