Alokasikan Anggaran Untuk Gizi dan Pendampingan DPMPPKB Aceh Utara Berkomitmen Turunkan Stunting


Selasa, 18 April 2023 - 12.36 WIB



LHOKSUKON, – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMPPKB) Fakhrurrazi, SH. MH berkomitmen turunkan Angka Stunting dengan menggerakkan kader-kader KB di Gampong-gampong. kamis (6/4/2023).


DPMPPKB juga mengalokasikan anggaran kebutuhan Gizi dan dikoordinasi langsung dinas tersebut untuk turun langsung kelapangan dan juga melaksanakan upaya memasak untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat di lokasi yang telah ditetapkan melalui SK Nomor 441/202/2023.

Pj Bupati Azwardi mengeluarkan keputusan Bupati aceh utara nomor 441/202/2023 pada tanggal 3 maret 2023 tentang penetapan lokasi fokus Intervensi penurunan stunting terintegrasi dalam kabupaten aceh utara tahun 2024.


penetapan lokus berdasarkan jumlah terbanyak prevalensi stunting yang datanya diperoleh dari Elektronik pencatatan pelaporan gizi berbasis masyarakat (EPPGBM) Kabupaten Aceh Utara.


“Kita tetap berharap terutama melalui rembuk stunting untuk terbangunnya sinkronisasi dan koordinasi untuk kemudian kita berkolaborasi dengan dinas terkait atau lintas sektor sebagaimana yang dipaparkan oleh narasumber tadi agar target kita dalam hal percepatan penurunan stunting di Kabupaten Aceh Utara ini sesuai dengan apa yang sudah kita targetkan” kata Kadis BPMPPKB, Fakhrurazi.


“Penetapan lokus diambil dari Gampong-gampong atau Kecamatan yang tertinggi lokusnya, tetapi upaya percepatan itu kita lakukan di 852 (Delapan Ratus Lima Puluh Dua) Desa kita lakukan. persentase stunting di Aceh Utara mencapai 38,3 persen. ucap Fakhrurrazi.


Lanjutnya, untuk pengambilan lokasi lokus, pengambilan datanya secara acak, tadi juga sudah disampaikan bahwa dari 852 Gampong diambil hanya 600 titik, target penurunan stunting pada tahun 2021 yang diumumkan oleh SSGI itu itu capainya 38,8 persen, pada tahun 2022 turun 38,3 persen, kemudian untuk tahun 2023 ini target kita mencapai 32 persen.


Sebelumnya pada hari yang sama Pemerintah Kabupaten Aceh Utara juga menggelar rembuk stunting dalam rangka komitmen para pengambil kebijakan Pemerintah Daerah tahun 2024, Kamis, 6 April 2023.

Kegiatan itu diinisiasi oleh Bappeda Kabupaten Aceh Utara dan berlangsung di aula Kantor Bupati di Landing Kecamatan Lhoksukon.


 Kegiatan tersebut dibuka oleh Pj Bupati Aceh Utara yang diwakili oleh Sekda Dr A Murtala, MSi. Turut hadir seluruh pejabat Forkopimda Aceh Utara, para Asisten Setdakab, para Kepala SKPK, para Camat, para Kepala Puskesmas, para pimpinan BUMN, BUMD, pendamping Desa, pejabat Nutrition Officer UNICEF Aceh, Koordinator PKH, TKSK, Ketua Forum Geusyik Aceh Utara, Satgas Stunting, serta para geusyik dari Gampong lokus stunting. (ADV)

Bagikan:
KOMENTAR