Kuliner Khas Gayo Masam Jing, Rasanya Bikin Nafsu Makan Bertambah


Senin, 11 April 2022 - 19.44 WIB



REDELONG - Bagi pecinta kuliner, wajib mencoba masakan yang satu ini, namanya Masam Jing, makanan ini hanya ada di dataran tinggi Gayo. Kuliner ini bisa didapati di Bener Meriah dan Aceh Aceh Tengah, rasanya nikmat sekali, sekali mencoba pasti ketagihan.

Cita rasa yang menggugah mampu membuat lidah para penikmatnya ingin kembali menyantap masakan ini. 


Rasa makanan jenis gulai ikan ini, asam dan pedas, hampir mirip dengan masakan Asam Keu'eung, Khas Aceh. 


Namun, bedanya Masam Jing punya aroma menyengat berasal  rempah yang disebut Umpan dan Daun Gegarang. 


Aromanya harum, segar, mungkin bagi bukan orang Gayo rasanya akan terasa sedikit menyengat.


Masakan istimewa ini menonjolkan cita rasa pedas, membuat masam jing menjadi favorit masyarakat Gayo dan bahkan menjadi incaran pengunjung yang berasal dari luar daerah. Makanan ini akan rata-rata akrab dengan lidah orang Aceh, karena rasanya menyerupai masakan Asam Keu'eung atau asam pedas, nyaris sama tekstur dan rasa, bahkan cara pengelohannya pun mirip.


Gulai ikan ini cocok dimakan dengan nasi panas, apalagi ditambah cuaca sejuk Bener Meriah, tentu ini akan menjadi makanan ter-apik yang perlu dicoba jika berwisata ke dataran Gayo. 


Julia, seorang penikmat masam jing yang hendak ke Wisata Lut Tawar, Aceh Tengah saat ditemui wartawan, Sabtu (26/3/2022) di Restoran T2 Simpang Tiga Redelong mendeskripsikan makanan Masam Jing dengan satu kata, 'Lezaaatt'. 


Kata dia, kalau ke Gayo, pasti mengincar makanan ini, karena rasanya enak, dan yang paling penting ikannya segar, sedap dimakan dengan nasi pulen panas, saya menyebutnya asam keu'eung. Karena, ya mirip. 


"Rasanya, Wow! indera penyicip saya tersengat oleh segigit Umpan (andaliman). Rasanya pecah dimulut. Pedas kebas dengan aroma yang khas. 


Kejutan rasa yang membuat saya akan merindukan masakan ini," ungkapnya disela-sela menyam masam jing. Di restoran ini, satu porsi Masam Jing dijual dengan harga Rp. 25.000, dengan satu ikan utuh, sangat worth it bukan. 


Maman, salah satu waiters retaurant T2 ini mengatakan Masam Jing setiap harinya ramai dipesan oleh pengunjung, sehari bisa habis 20 porsi, kadang bisa lebih. "Kebanyakan yang pesan orang luar Gayo, karena penasaran. Orang asli sini ada juga yang minta, tapi lebih dominan orang luar," terang Maman, pekerja restoran T2 asal Kota Langsa.


Makanan khas gayo ini, juga bisa dijumpai diberbagai tempat di Bener Meriah, mulai dari restoran, bahkan warung-warung makan biasa, disana tersedia Masam Jing. Hanya perlu memilih tempat yang  paling pas dengan cita rasa lidah. 


Konon, cerita seorang teman yang asli Gayo, turunan darah mampu mempengaruhi cita rasa masakan. Begitupun masakan khas Gayo Masam Jing ini, baru akan didapat profil aslinya jika dimasak oleh perempuan asli Gayo, masakan orang gayo blasteran akan beda dengan masakan Masam Jing buatan orang Gayo Bedetak (Gayo Asli). 


Bahan dasar untuk membuat masakan Masam Jing adalah ikan. umumnya ikan yang digunakan adalah ikan yang ada di Lut Tawar, yaitu ikan Depik. Namun, bisa juga menggunakan jenis ikan yang lain, seperti ikan nila, ikan tongkol dan ikan bandeng. 


Ikan Depik (rasbora tawarensis) yang hidup di Danau Laut Tawar merupakan ikan endemik yang hanya hidup di danau tersebut. Ikan kecil ini sejenis dengan Ikan Bilih di Danau Singkarak - Sumatera Barat, dengan ukuran panjang 7 – 8 cm. 


Ikan Depik memiliki rasa gurih, tidak berbau anyir, dan sewaktu akan dimasak dan diolah tidak perlu dibersihkan atau dibelah bagian perutnya. 


Hal ini karena perut Ikan Depik nyaris tidak mengandung kotoran, karena makanannya hanya berupa jenis hydrilla yang hidup di dasar danau. 


Selain Ikan, bahan rempah yang digunakan untuk memasak makanan ini juga terbilang mudah didapati, bahan yang dibutuhkan antaranya, bawang merah, cabe merah, cabe rawit, kunyit, asam sunti, serta tiga rempah lokal lainnya, yaitu jeruk gayo, empan dan gegarang. 


Umpan (andaliman) dan Gegarang (daun mint) adalah serian dedaunan yang memiliki aroma menyengat, asal bau menyengat pada masakan Masam Jing berasal dari rempah ini. 


Sedangkan jeruk gayo adalah jeruk yang tumbuh di dataran Gayo, rasanya asam kecut, mirip jeruk nipis. Pengelohan masam jing juga terbilang mudah, bahkan tanpa menggunakan minyak goreng. Siapkan ikan Depik atau jenis ikan lainnya, giling bumbu yang disebut diatas hingga halus, aduk rata membaluri ikan tersebut, tambahkan air, masak dengan api sedang agar ikan matang dengan sempurna. 


Rahasia kelezatan masam jing terletak pada kesegaran ikan yang digunakan, takaran bumbu yang tepat serta kadar air yang pas  untuk kuah gulai ikan ini. Memasak Masam Jing juga dapat di improvisasi, sesuai selera, sebagian orang menambahkan sayur-sayuran seperti buah labu jepang, kacang panjang, ada juga yang menambahkan tomat cherry kecil, disini disebut terong padul, atau jika ingin rasanya lebih nendang, bias ditambahkan seruas kecombrang untuk menambah ketajaman rasa. 


Makanan ini dinamakan masam jing, karena sesuai dengan rasanya asam pedas, bahasa Gayo: masam adalah asam, sedang jing berarti pedas. Jadi, tepat. Masam Jing adalah asam pedas.






Sumber : Anteroaceh.com.

Bagikan:
KOMENTAR