Masyarakat Harap Rehabilitasi DI Meureudu Harus Tuntas Dikerjakan


Senin, 20 Desember 2021 - 18.40 WIB



PIDIE JAYA - Dinas Pengairan Provinsi Aceh melaksanaan pekerjaan Rahabilitasi Jaringan Daerah Irigasi (DI) Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, pada tahun 2021 dengan nilai kontrak pekerjaan sebesar RP.3.491.000.000,- yang kerjakan oleh P.T. Sahara Agung.


Namun Daerah Irigasi (DI) Meureudu tersebut merupakan vital sumber air bagi petani di dua Kecamatan di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, terdiri dari Kecamatan Meureudu dan Kecamatan Ulim.


"Lebih kurang 3.000 hektar area persawahan milik petani di dua kecamatan untuk mendapatkan air dari DI Meureudu ini,"sebut M.Daud Mukim Manyang Lancok, pada Senin (20/12/2021).


Kendati, M.Daud berharap agar Pekerjaan proyek kali ini harus bisa dituntaskan hingga selesai, mengingat petani sangat membutuhkan air menjelang musim tanam rendengan nantinya sebagai sumber perekonomian bagi masyarakat setempat.


"Karena Daerah Irigasi Meureudu itu sebagai daerah vital sumber air bagi petani di dua kecamatan, kami sangat berharap pekerjaan proyek irigasi yang terdapat diwilayah Kecamatan Ulim dan Meureudu itu proyeknya tersebut bisa dikerjakan hingga tuntas." Tegas nya.


Dia juga berharap Instansi terkait dapat menekan pihak rekanan untuk segera menyelesaikan pekerjaan tersebut. Mengingat diawal januari 2022 petani di wilayahya akan memulai masa tanam.


"Jika tidak tuntas dikerjakan akan efeknya akan berdampak terhadap petani di dua kecamatan," katanya. 


Menurut dia, proyek irigasi tersebut benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat petani untuk memenuhi kebutuhan debit air yang mengalir di areal persawahan mereka.


Sementara itu, Miswar, Keuchik Manyang Lancok mengharapkan pihak rekanan berpacu dalam menyelelesaikan pekerjaan ini, kalau pekerjaannya dilaksanakan pada malam hari saluran air di blang awe harus dibuka, karena masyarakat di beberapa desa dikawasan Meureudu Dalam sangat membutuhkan air memasuki masa tanam.


Selain itu, rehabilitasi proyek irigasi tersebut membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat setempat. Pihak rekanan menggunakan jasa pekerja lokal.


Dia juga berharap, Pemerintah Daerah maupun Instansi terkait membantu supaya proyek tersebut jangan adanya kendala dalam pembangunannya sampai dengan selesai.


Pantauan media dilokasi, pekerjaan proyek irigasi DI Meureudu itu lagi dikerjakan secara ekstra, terpantau pihak rekanan bekerja siang dan malam demi untuk menyelesaikan proyek tersebut. (Red).

Bagikan:
KOMENTAR