Warga Resah, 5 Gajah di Pintu Rime Gayo Berkeliaran


Sabtu, 07 Agustus 2021 - 21.53 WIB



REDELONG - Kawanan gajah liar kembali muncul di kawasan Jalung dan Negeri Antara, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Lima ekor gajah terpantau berada di kawasan tersebut hingga membuat warga resah.


Camat Pintu Rime Gayo, Eddy Iwan Syahputra, mengatakan, warga khawatir permukimannya dimasuki gajah dan merusak kebun tomat, cabai dan lainnya. Kawanan gajah kembali memasuki kawasan itu karena proses evakuasi tidak maksimal.


"Dalam persolan ini, yang dirugikan adalah masyarakat kita," kata Eddy, Kamis (5/8/2021).


Selama ini, katanya, pengiringan gajah liar oleh tim CRU Das Peusangan dan dibantu masyarakat setempat, terkendala minimnya mercon. Dampaknya gajah tidak bisa digiring hingga menjauhi kawasan permukiman.


Dia berharap BKSDA merespons kondisi ini. Bila perlu mempercepat pemasangan kawat kejut di Pantan Lah yang menjadi salah satu pintu masuk gajah liar ke Kampung Negeri Antara.

"Kalau ini tidak disegerakan, sia-sia saja dilakukan penggiringan karena gajah akan  kembali lagi ke pemukiman warga," kata dia.

Pemasangan kawat kejut sepanjang 10 km di Pintu Rime Gayo sekarang ini sudah mulai dikerjakan. Namun belum rampung.

"Dulu ada wacana penanaman melon di sepanjang parit gajah, dari pokir salah satu anggota DPRA, namun hingga kini belum terlihat realisasi. Kita berharap ini juga disegerakan," katanya.








Sumber : iNews.id

Bagikan:
KOMENTAR