Harga Ikan di Pulau Simeulue Lebih Mahal Dari Ayam Potong


Selasa, 24 Agustus 2021 - 16.54 WIB



SIMEULUE- Kalangan masyarakat di Pulau Simeulue, Kabupaten Simeulue, Aceh, mengeluhkan mahalnya harga ikan yang lebih mahal dari harga ayam potong.


"Saat ini, harga ikan cukup mahal. Lebih baik beli ayam potong dari pada beli ikan. Padahal, Simeulue berada di Samudra Hindia, dikelilingi lautan," kata Firdaus, warga Simeulue, di Simeulue, Selasa.

Informasi dari pedagang ikan di pasar tradisional Sinabang, ikan jenis tongkol dijual dengan harga Rp40 ribu per kilogram. Naik dua kali lipat dari harga sebelumnya Rp20 ribu per kilogram.

Begitu juga dengan harga ikan jenis karang, seperti kerapu dan jenis ikan lainnya, dijual Rp65 ribu per kilogram dari sebelumnya hanya Rp45 ribu per kilogram.

Basri (53), nelayan, mengatakan naiknya harga ikan disebabkan cuaca sedang tidak baik, sehingga nelayan enggan melaut karena khawatir akan membahayakan keselamatan mereka.

"Saya saja sudah seminggu ini tidak melaut karena cuaca saat ini tidak menentu. Cuaca sekarang ini membahayakan keselamatan saat di laut," kata Basri.

Senada juga disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Simeulue, Isdawati. Menurutnya kondisi cuaca yang tidak menentu di Simeulue saat ini membuat banyak nelayan tidak melaut. 

"Akhir-akhir ini cuaca buruk sering melanda Simeulue, sehingga banyak nelayan tidak melaut. Kondisi ini menyebabkan persediaan ikan di pasar jadi berkurang, sehingga harganya turut melambung tinggi," jelas Isdawati. 

Menurutnya, kalau pun ada nelayan yang memberanikan diri pergi memancing ikan, jaraknya terbatas, sehingga berdampak pada hasil tangkapan menjadi berkurang.

"Jika nanti cuaca kembali normal dan nelayan melaut seperti biasa harga jual ikan di pasar akan normal kembali. Kecuali jenis ikan yang memang harga jualnya tinggi," kata Isdawati.






Sumber : Antara.
Bagikan:
KOMENTAR