Sekilas Cerita: Selama 4 Tahun Pidie Mengandung Untuk Bisa Melahirkan Anaknya Yang Diberi Nama PIDIE JAYA


Rabu, 16 Juni 2021 - 10.12 WIB



PIDIE JAYA
- "Bekerja sama melanjutkan karya, kita mewujudkan SDM unggul demi Pidie Jaya maju adil dan sejahtera," menjadi tema peringatan HUT Kabupaten Pidie Jaya Ke-14 Tahun 2021 kali ini.


Pada hari ini, Kabupaten Pidie Jaya telah genap berusia 14 tahun. Sebagaimana kita tahu bahwa terbentuknya Kabupaten Pidie Jaya ini tentu merupakan hasil kerja keras dan perjuangan tokoh-tokoh Pidie Jaya yang telah memberikan kontribusi yang luar biasa bagi terbentuknya Kabupaten Pidie Jaya.


Drs. Salman Ishak Bupati Perdana Kabupaten Pidie Jaya menuturkan, sangat melelahkan selama 4 tahun lebih Pidie mengandung untuk melahirkan anaknya yang diberi nama PIDIE JAYA.


"Sedihnya lagi, malah pernah keguguran disaat kandungan berumur 1 tahun di tahun1999. Baru mengandung lagi di tahun 2002 disaat Aceh masih berkecamuk dengan status darurat militer," Kata Ayah Salman.


Disaat-saat sedang dalam kandungan berbagai tantangan dan hambatan datang silih berganti antara lain keluarnya Geumpang, Mane, Glumpang Tiga dan Glumpang Baro dari kesepakatan untuk pemekaran Kabupaten Pidie bagian timur, tutur Ayah Salman.


Para panitia hampir putus asa karena hasil kajian akademik menjadi mentah kembali dan tidak lagi memenuhi kriteria untuk sebuah calon kabupaten pemekaran. Kemudian para panitia bermusyawarah dengan Bapak Bupati alm Bpk. Ir. Abdullah Yahya, MS untuk diprogramkan kembali kajian akademik setelah beberapa kecamatan tadi ke luar dari kesepakatan. Beliau sangat respek agar segera direvisi kajian akademik. 


Alhamdulillah dalam waktu tidak lama kajian akademik dapat diselesaikan dan hasilnya masih memenuhi syarat untuk melahirkan kabupaten pemekaran.


Dalam hal ini sudah sepatutnya terima kasih kepada Bapak Dr. Rustam Efendi M.A Cs sebagai pihak yang telah melakukan kajian akademik dalam waktu singkat sehingga dapat diselesaikan. Alhamdulillah, dengan demikian para panitia bersemangat kembali bekerja siang dan malam agar usulan pemekaran calon kabupaten baru tidak didiskualifikasi di Depdagri, ungkap ayah Salman mengenang perjuangan lahirnya Kabupupaten Pidie Jaya.


Kanda Agus di WA Group Pidie Jaya mengatakan, ini sebuah perjalanan perjuangan yang melelahkan, para pendiri Pidie Jaya ini patut di hargai. Walau hanya sebingkai PIAGAM berukirkan satu kata indah " TERIMA KASIH ATAS JASAMU " Selamat Milad ke 14 Kabupaten Pidie Jaya tercinta," pungkas Kanda Agus. (Red).

Bagikan:
KOMENTAR