Karang Taruna Sawang Minta Pemkab Aceh Utara Peduli Terhadap Karang Taruna


Selasa, 26 November 2019 - 21.37 WIB


Lhoksukon - Organisasi Karang Taruna Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara meminta Pemerintah Kabupaten Aceh Utara peduli terhadap kesejahteraan Pemuda Karang Taruna Gampong, Kecamatan dan Kabupaten yang ada di Aceh Utara.


Hal ini disampaikan oleh Ketua Karang Taruna Kecamatan Sawang Aceh Utara Ade Oscar, SH, ia mengaku masih banyak hal yang harus diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Utara  untuk kesejahteraan Pengurus dan Anggota Karang Taruna yang ada di Gampong, Kecamatan dan Kabupaten, baik dari segi material berupa insentif maupun biaya kegiatan, supaya pemuda terhindar dari hal-hal negatif.


Ade Oscar, menjelaskan bahwa Pemuda Karang Taruna merupakan Pageu Gampong dalam segala hal, baik dalam hal keamanan, kegiatan sosial, maupun kegiatan penegakan syariat Islam.


Pemuda di setiap gampong merupakan orang-orang yang enerjik dalam kegiatan gampong, sehingga sangat layak menjadi pelindung bagi gampong”, jelas Ade Oscar kepada awak media pada saat menghadiri kegiatan Silaturrahmi Evaluasi dan Diskusi Kinerja Perangkat Kecamatan dan Gampong dalam Kecamatan Sawang bersama unsur Pemerintah Kabupaten Aceh Utara di Aula Balai Desa Kecamatan Sawang, Selasa, 26/11/2019.


Namun kata Ade Oscar, masih ada hal-hal yang diperjuangkan untuk kesejahteraan Pemuda Karang Taruna. Organisasi Pemuda Karang Taruna Gampong harus memiliki payung hukum khusus dalam hal menjadi Pageu Gampong.


Selama ini mereka bertindak hanya didasari oleh inisiatif dan fitrahnya seorang pemuda, namun dalam negara hukum seperti negara kita ini setiap tindakan dan kebijakan harus didasari oleh ketentuan hukum yang berlaku, maka oleh sebab itu kami menganggap Pemuda Karang Taruna Gampong itu harus ada payung hukum yang jelas, sehingga dalam setiap tindakannya tidak menimbulkan persoalan-persoalan baru”, ujar Ade Oscar.


Selain itu kata Ade Oscar, dalam aturan hukum tersebut nantinya juga perlu diatur tentang jerih untuk Ketua Pemuda Karang Taruna Gampong sebagai penghargaan atas kinerjanya dalam memimpin dan menggerakkan pemuda gampong kepada hal-hal yang positif.


Jerih/Honor jangan dimaknai sebagai bayaran kepada mereka karena mereka telah menjaga gampong, tetapi jerih ini merupakan penghargaan pemerintah terhadap anak-anak muda yang bekerja keras untuk menciptakan gampong yang nyaman dan aman”, jelasnya.(RED)
Bagikan:
KOMENTAR