Ribuan Masyarakat Tanah Luas Terima BNPT


Jumat, 26 Juli 2019 - 12.11 WIB


LHOKSOKON - Sebanyak 2.005 keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 56 Gampong di Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara, menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) berupa beras dan telur, Kamis (25/07) Kemarin.


Bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Camat Tanah Luas Usman. K, S. Sos secara simbolis di E-Warung (E-BRILink) Baihadi Gampong Bayi Kecamatan setempat, disaksikan oleh Kapolsek, Danramil, Geuchik, Koordinator Kecamatan (Korcam) dan Pedamping PKH, TKSK dan Karang Taruna.


Camat Tanah Luas Usman. K, S.Sos menyebutkan bantuan tersebut sebagai pengganti beras miskin (Raskin), merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial RI, yang berlaku secara nasional, kemudian disalurkan melalui Dinas Sosial Kabupaten selanjutnya ke kecamatan.


“Setiap kali penarikan dalam sebulan sekali dalam bentuk barang, jika diakumulasikan dalam bentuk rupiah menjadi senilai Rp 110.000 per penerima manfaat, sedangkan proses pengambilan barangnya sendiri dilakukan melalui E-BRI link yang telah ditunjukkan oleh bank tersebut, katanya.



Sementara itu Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Tanah Luas Ida Laili Midarti mengatakan bahwa KPM BPNT itu ada dua jenis, yang pertama KPM Kartu Keluarga Sejahtera Non Program Keluarga Harapan (PKH) dan yang kedua KPM dari Program PKH. Dia menambahkan, perbedaan KPM PKH dan non PKH adalah, KPM PKH mendapatkan beras dan telur serta biaya pendidikan dan kesehatan, sedangkan non PKH hanya mendapatkan beras dan telur saja.


Sementara Korcam PKH Tanah Luas Sarjani, ST menambahkan, program bantuan yang disalurkan setiap bulan sekali dalam bentuk sembako, pegambilan itu sudah ditentukan oleh pihak Bank BRI masing-masing wilayah kecamatan.


“Kami harapkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang telah diterima oleh Keluarga Penerima  Manfaat (KPM) bisa bermanfaat, dan meringakan beban mereka, ”harapnya.


Dalam Kesempatan tersebut Sarjani juga memohon kepada Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita agar ada penambahan jumlah quota penerima Bantuan untuk masyarakat miskin di Kecamatan Tanah Luas pada khususnya dan Aceh Utara pada umumnya baik itu bantuan PKH, BPNT, RUTILAHU dan KUBE, ”harapnya. (Azhar)

Bagikan:
KOMENTAR