100 Hari Jihad Subuh, Bupati Beri Penghargaan untuk Masjid Terbanyak Jamaah


Senin, 10 Desember 2018 - 21.29 WIB


LHOKSUKON - Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib memberikan penghargaan untuk masjid-masjid dengan jumlah jamaah terbanyak pada shalat subuh. Kegiatan itu dirangkai dalam prosesi memperingati 100 Hari Jihad Subuh dan Satu Tahun Safari Subuh Pemkab Aceh Utara, dipusatkan di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon, Minggu (9/12).


Pemkab Aceh Utara secara rutin setiap Minggu dini hari menggelar kegiatan safari subuh ke masjid-masjid yang ada di daerah ini, secara bergilir. Selain Bupati H Muhammad Thaib dan Wakil Bupati Fauzi Yusuf, kegiatan itu juga dihadiri oleh jajaran pejabat Forkopimda Aceh Utara, para kepala SKPK, para camat, para pimpinan Ormas Islam, para pimpinan dayah dan ulama, serta para imum syik masjid.


Dalam beberapa kesempatan sebelumnya, Bupati H Muhammad Thaib sangat mengapresiasi diadakannya kegiatan safari subuh. “Saya mengajak semua masyarakat di setiap masjid agar melaksanakan shalat subuh berjamaah dan juga shalat lima waktu lainnya. Shalat subuh secara berjamaah ini bukan hanya dari sisi ibadah, tapi juga punya konsekensi sosial yang luar biasa besar manfaatnya,” kata Cek Mad, sapaan akrab Bupati Aceh Utara.


Kata dia, pemberian penghargaan kepada masjid-masjid yang memiliki jumlah jamaah subuh terbanyak sebagai ucapan terimakasih karena telah menggerakkan masyarakat untuk shalat subuh di masjid. Menurut dia, shalat subuh di masjid itu cukup berat, dibutuhkan perjuangan secara personal. Oleh sebab itu, orang yang shalat subuh ke masjid bisa disebut telah melakukan jihad subuh.


Selama satu tahun melakukan safari subuh di masjid-masjid di daerah ini, Bupati dan Wakil Bupati telah menyaksikan sendiri antusiasme masyarakat untuk hadir ke masjid. “Mudah-mudahan ke depan kegiatan shalat subuh berjamaah ini kian ramai jamaahnya, bukan hanya masjid-masjid kecamatan, tapi juga masjid-masjid yang ada di kemukiman dan gampong-gampong. Saya yakin, Aceh Utara akan berjaya jika ramai yang mau shalat subuh ke masjid,” kata Cek Mad.


Pada peringatan 100 Hari Jihad Shubuh dan Satu Tahun Safari Subuh Pemkab Aceh Utara, Bupati menyerahkan penghargaan untuk Masjid Mideun Syuhada Kecamatan Syamtalira Bayu sebagai terbaik I tingkat Kabupaten yang memiliki jumlah jamaah terbanyak. Untuk terbaik II diraih oleh Masjid Taqwa Keude Karieng Kecamatan Meurah Mulia, sedangkan terbaik III adalah Masjid Baiturrahim Abu Keumala Kecamatan Seunuddon.


Khusus untuk masjid-masjid dalam Kecamatan Lhoksukon yang memiliki jumlah jamaah terbanyak pada shalat subuh, masing-masing Masjid Baitul Atiq Gampong Geumata (terbaik I), Masjid Baitul Karamah Gampong Asan LB (terbaik II), dan Masjid Al-Hidayah Gampong Meunasah Reudeup (terbaik III).


Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat mendorong motivasi bagi pengurus masjid dan BKM masjid, juga segenap lapisan masyarakat, untuk terus mengkampanyekan shalat subuh berjamaah. Sebab, shalat subuh berjamaah merupakan salah satu kekuatan umat Islam yang sangat ditakuti dan disegani oleh musuh Islam,(Rel/Rj).

Bagikan:
KOMENTAR