BNPB: Gempa Lombok Hari Ini Tak Ada Korban Jiwa dan Kerusakan


Minggu, 19 Agustus 2018 - 14.29 WIB


Jakarta - Gempa Lombokterjadi kembali pada Minggu (19/8/2018) pagi. Dua gempa susulan itu mengguncang wilayah tersebut hanya dengan jeda empat menit. 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa itu berkekuatan 5,4 Skala Richter dan 6,5 SR. Gempa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan bangunan.
"Tidak ada laporan korban jiwa dan kerusakan," jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran tertulisnya, Jakarta, Minggu.
Namun, gempa Lombok pagi ini memperparah trauma masyarakat akan lindu utama berkekuatan 7 SR yang menewaskan ratusan orang. "Masyarakat bertambah trauma dengan gempa-gempa susulan, apalagi gempa yang dirasakan keras," tambah Sutopo.
Menurut dia, guncangan gempa tadi pagi dirasakan kencang selama 4-8 detik di Kabupaten Lombok Timur, Lombok Utara, Lombok Barat dan Lombok Tengah. Guncangan sedang selama 4-6 detik dirasakan di Kota Mataram, Kota Denpasar, Jembrana, Karangasem, Badung, Gianyar, Bangli, Tabanan, Klungkung dan Buleleng.
Guncangan paling keras dirasakan di Lombok Timur.
Alhasil, Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah atau tenda pengungsian di Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat. Masyarakat di Sembalun Lombok Timur, yang sedang bekerja di kebun dan berkendara motor di jalan, segera berlarian mencari tempat aman. Mereka meninggalkan kebun dan sepeda motornya. Berkumpul di tempat aman.
Dia menuturkan, memang ada bangunan yang roboh. Namun sebelumnya, bangunan itu sudah rusak karena gempa utama. 
"Berdasarkan laporan Babinsa beberapa kerusakan rumah dan bangunan di Desa Korleko Selatan seperti menara Masjid Babussalam Dusun Lembak Daya Kecamatan Sembalun. 2 kios depan kantor Desa Madaen roboh. Rumah masyarakat yang sebelumnya masih tegak namun rusak, akhirnya roboh akibat gempa 6,5 SR," tutur Sutopo.
Oleh karena itu, BNPB menyimpulkan belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa akibat gempa Lombok hari ini.



Sumber : Liputan6.com
Bagikan:
KOMENTAR