Ribuan Masyarakat dan TNI Hadiri Puncak Hari Keluarga Nasional Ke 24


Rabu, 23 Agustus 2017 - 10.07 WIB


LHOKSEUMAWE – Ribuan masyarakat Kota Lhokseumawe dan TNI jajaran Korem 011/Lilawangsa menghadiri Puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat Provinsi Aceh Ke XXIV Tahun 2017, di Lapangan Jenderal Sudirman, Jalan. Iskandar Muda, Desa Kampung Jawa Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.


Pada puncak hari Keluarga Nasional Tahun 2017 bertemakan. "Dengan Hari Kelurga Nasional Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Kelurga Yang Berketahanan".


Acara tersebut juga menampilkan berbagai kegiatan seperti Drum Band yang diperagakan oleh Siswa/siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN-1) Banda Sakti dan dilanjutkan dengan Tarian Khas Aceh yaitu Ranup Lampuan.


Dalam sambutannya, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Aceh, Darwati A. Gani menyampaikan,  pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tersebut.


Selain itu, keberadaan keluarga dianggap pantas dijadikan wahana untuk memberi keyakinan, bahwa fungsi keluarga merupakan salah satu jawaban terbaik dalam menjalani tantangan hidup yang semakin kompleks untuk membentuk masyarakat yang beriman, berkarakter, berbudaya, berdaya saing dan sejahtera, imbuhnya.


Dihadapan Gubernur Aceh, walikota dan bupati Se provinsi Aceh, Darwati mengharapkan agar dana desa sedikit dibantu untuk membantu kegiatan PKK yang ada didesa untuk melaksanakan kegiatan PKK didesa agar lebih baik kedepan, harap Ketua Tim Penggerak PKK.


Sementara itu, Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya, menambahkan, atas nama Pemerintah Kota Lhokseumawe, mengucapkan selamat datang kepada Kepala (BKKBN-RI), DR. Surya Chandra Surapaty, M.P.H PH.D beserta rombongan.


Sebutnya, sebuah kehormatan bagi Pemko Lhokseumawe sebagai tuan rumah peringatan Hari Keluarga Nasional Ke-24 tingkat Provinsi Aceh, pemerintah Kota Lhokseumawe melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan  Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana bersama Ketua TP-PKK serta Instansi terkait terus berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang delapan fungsi keluarga melalui kegiatan Bina keluarga balita, bina keluarga remaja dan bina keluarga lansia.


"Selanjutnya, tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada bapak Danrem 011/LW Kolonel Inf Agus Firman Yusmono yang telah memberikan fasilitas Lapangan Jenderal Sudirman untuk suksesnya kegiatan ini," tuturnya.


Selanjutnya, Kepala BKKBN-RI, DR. Surya Chandra Surapaty, M.P.H PH.D mengatakan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tahun ini dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) sudah memasuki tahun ke-24, BKKBN mengajak keluarga Indonesia untuk berkumpul, berinteraksi, berdaya, serta peduli, dan berbagi, ungkapnya.


Selain itu, peringatan Hari BKKBN menjadi momentum bagi setiap keluarga Indonesia untuk kembali berkumpul bersama keluarganya, berinteraksi dengan keluarganya bercengkerama, bertukar pengalaman secara langsung dengan komunikasi yang berkualitas, serta upaya mewujudkan keluarga sejahtera harus dimulai sejak perencanaan keluarga, terang Surya Chandra Surapaty.


Lanjutnya, Diharapkan keluarga Indonesia kembali menerapkan Delapan fungsi keluarga. Antara lain, melalui nilai-nilai revolusi mental yang ditanamkan dalam keluarga, setiap individu diharapkan dapat lebih mengenal karakternya dan kembali menjalankan 8 fungsi keluarga, sehingga dapat menciptakan keluarga bahagia sejahtera, dan juga peran penting pembangunan karakter, harapnya.


Sedangkan, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf yang memberikan kata sambutan di akhir acara menitip pesan kepada walikota dan bupati agar menganjurkan kepada kepala desa untuk mengalokasikan sedikit dana desa terhadap kegiatan kaum perempuan didesa. Seperti Posyandu dan lain sebagainya.


Selain itu, Gubernur Aceh juga mengajak, melakukan upaya revolusi mental yang dimulai dari keluarga untuk mendukung upaya penanaman mental dan karakter yang sesuai dengan kepribadian bangsa dan agama.


"Karena keluarga merupakan pilar pembangunam bangsa, keluarga adalah lingkungan utama untuk laksanakan asah asih dan asuh, dan keluarga memiliki potensi yang menjanjikan dalam membangun karakter generasi bangsa, mengingat pentingnya peran keluarga dalam pembangunan suatu bangsa", pungkas Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.


Hadir pada Hari Keluarga Nasional Ke XXIV antara lain, Kepala BKKBN RI. DR. Suryq Chandra Surapaty, M.P.H PH.D, Gubernur Aceh drh. Irwandi Yusuf,M. Sc beserta Ny. Darwati A. Gani, Kepala BKKBN Aceh, dr M. Yani M.Kes, Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya, Danrem 011/LW Kolonel Inf Agus Firman Yusmono yang diwakili oleh Kasrem 011/LW Letkol Inf Sofanuddin, Dandim 0103/Aut Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto, Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf, Wakapolres Lhokseumawe Kompol Moch Irsayadi, Kajari Lhokseumawe Muklis, SH, Palaksa Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) Ade Prasetia, Dansat Radar 231/LSW Mayor Lek Amrico, Ketua MPU Kota Lhokseumawe Drs. Tgk. H. Asnawi Abdullah, MA, Wali Kota Seprovinsi Aceh, Kepala BKKBN Kab/Kota Seprovinsi Aceh, serta 1.000 orang tamu undangan yang hadir. (Kingli).
Bagikan:
KOMENTAR