Pantonlabu Digadang-gadang Jadi Pemko


Minggu, 20 Agustus 2017 - 15.12 WIB


ACEH UTARA - Kota Pantonlabu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara digadang-gadang akan dijadikan daerah otonomi baru Pemerintah Kota Pantonlabu.


Pembahasan pembentukan kota administrasi baru digelar di Ben Ali Kupi, Gampong Tanjong Meunje, Kecamatan Madat, Aceh Timur (Perbatasan Aceh Utara—Aceh Timur), Ahad 20 Agustus 2017.


Hadir dalam acara Ketua Panitia Daerah Otonomi Baru (DOB) Pemko Pantonlabu Hendra Nurdin, Pengurus DOB Pemko Pantonlabu Syamsuddin Jalil atau Ayah Panton, Muksalmina, Abdul Mukti, Zulkarnaini, Ramli dan tokoh masyarakat serta insan media.


Ketua Panitia DOB Pemko Pantonlabu Hendra Nurdin mengatakan, pembentukan DOB Pemko Pantonkabu ini berdasarkan hasil kesepakatan bersama dan sudah melakukan musyawarah yang hasilnya adalah ini adalah langkah terbaik untuk menunjang kesejahteraan masyarakat.


Lanjutnya, mengenai persiapan administrasi dob sedang digagas. Sedangkan mengenai potensi daerah yang diwacanakan yaitu Kecamatan Baktiya, Tanah Jambo Aye, Seunuddon dan Langkahan menurutnya keadaan alam dan sumberdayanya sangat mendukung


"Maka dengan ini, kita juga terus menyiapkan hal-hal lainnya sesuai yang diperlukan Kemendagri," katanya.


Ia menyebut, pihaknya akan melakukan lobi-lobi politik dengan tiga pemerintahan yaitu Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.


"Saya rasa kalau Bupati Aceh Utara hari ini tinggal goyang pulpen untuk menandatangani, begitulah kira-kira dengan yang lain-lainnya," ujarnya.


Sementara itu, Sekretaris DOB Pemko Pantonlabu Muksalmina mengatakan bahwa semua sudah sangat memadai untuk wacana dob Pemko Pantonlabu ini. Kalau menyangkut sarana dan prasarana, sudah mendukung seperti lahan-lahan untuk pemerintahan, ada bangunan-bangunan seperti kantor PU di Baktiya itu bisa jadikan salah satu kantor pemerintahan nanti.


"Sementara untuk sektor pendidikan, saya rasa begitu juga. Di dob Pemko Pantonlabu ini ada juga kampus-kampus yang nantinya akan lebih maju hanya saja tinggal kita rampungkan beberapa tahapan lainnya," ucapnya.


Dari mulai kita wacanakan DOB Pase Raya, imbuhnya, sejak menggelar rapat konsolidasi, disana terlihat masyarakat sangat menginginkan terbentuk Pemko Pantonlabu. "Maka disini kita perlu kekompakan dan Alhamdulillah kita buat Pemko Pantonlabu".


Kemudian, persyaratan administrasi, itu tidak banyak, adanya gampong-gampong yang menyatakan menyetujui bergabung dengan Pemko Pantonlabu. Pihaknya meyakini dari proses yang selama ini dibangun hampir 60 persen gampong setuju. Hanya saja selama ini pihaknya belum membentuk panitia khusus.


"Tetapi insya Allah akan kita bentuk dalam waktu dekat," tutupnya. [SA]
Bagikan:
KOMENTAR