Disparpora Atim Kukuhkan Kelompok Sadar Wisata


Jumat, 08 September 2023 - 07.58 WIB



Aceh Timur -  Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Aceh Timur Syahril, S.STP, M.AP  mengukuhkan  kelompok sadar wisata di Gampong Alue Nyamok, Kecamatan Birem Bayeun kabupaten Aceh Timur, Kamis (7/9).


Kegiatan ini juga dikemas dengan  sosialisasi pemberdayaan  masyarakat  Dasar wisata dan pengukuhan kelompok sadar wisata. Kegiatan ini  juga merupakan implementasi tindak lanjut dari aksi perubahan dari Kepala Bidang  Pariwisata Hayatul Ridha selaku action leader yang sedang mengikuti pelatihan kepemimpinan administrator.



Kepala Dinas Pariwisata Pemuda olahraga Syahril, S.STP, M.Ap mengatakan pembangunan sektor pariwisata memerlukan dukungan dan keterlibatan semua pemangku kepentingan. Salahsatu unsur  didalamnya yaitu keterlibatan peran masyarakat.


"Peran masyarakat sebagai subjek (pelaku) akan menentukan  keberhasilan pengembangan wisata dalam jangka  panjang. Maka Pembangunan sektor wisata harus dilakukan secara bersinergi antara masyarakat dan pemerintah sehingga potensi wisatanya benar - benar terkelola dengan baik," kata Syahril.


Syahril menjelaskan pengembangan desa wisata merupakan model pembangunan pariwisata yang mengkolaborasikan fungsi pemberdayaan masyarakat sebagai pelaku.


Menurut Syahril pengembangan desa sebagai upaya untuk melestarikan memberdayakan potensi keunikan budaya lokal dan nilai- nilai kearifan lokal yang ada ditengah masyarakat seiring berkembangnya arus yang globalisasi.


"Kearifan lokal menjadi kunci masyarakat yang bermartabat sehingga pengembangan desa wisata tetap memegang nilai - nilai luhur khas masyarakat desa," katanya.


Sementara itu Kadisparpora  juga mengapresiasi aparat dan masyarakat Gampong Alue Nyamok dalam mengikuti acara sosialisasi masyarakat sadar wisata.


"Harapan saya gampong Alue Nyamok menjadi pilot project desa wisata di kabupaten Aceh Timur, dengan mengembangkan destinasi wisata nya Air Terjun Sendang Sari dapat menarik wisatawan berkunjung," kata Syahril


Selain itu Syahril berharap kegiatan sosialisasi ini menjadi semangat baru untuk masyarakat Alue Nyamok. "Semoga dalam pembentukan desa wisata ini dapat berefek pada pertumbuhan ekonomi masyarakat," demikian tutup Syahril.


Turut hadir dalam kegiatan ini  unsur Muspika Kecamatan Birem Bayeun, Munawar Khalil selaku ketua desa wisata Aceh yang juga sebagai fasilitator pada acara ini dan didampingi oleh  Nasruddin,S.Pd.M.Pd dari Disbudpar Aceh. 


Acara ini juga diikuti oleh  masyarakat dengan  mempresentasikan hal- hal  yang menjadi  kekuatan,kelemahan, peluang dan ancaman yang selama ini dirasakan dalam pengembangan pariwisata.(bsi)

Bagikan:
KOMENTAR