HUT RI  ke-74 yang bertema “Kita Dukung SDM Unggul Menuju Indonesia Maju” Begini Ceritanya


Sabtu, 17 Agustus 2019 - 22.17 WIB


LHOKSOKON - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara memperingati Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke 74 di Lapangan serbaguna Lhoksukon, berjalan dengan Khidmat.  Sabtu, (17/08), dimulai pukul 09.30 wib.


HUT RI yang ke-74 kali ini bertema, “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Dukung SDM Unggul Menuju Indonesia Maju”. Bertindak selaku Inspektur upacara, dipimpin langsung oleh Bupati Aceh Utara, H.Muhammad Thaib.


Danramil 13/Baktiya, Kapten Inf. Anhendrik dinaubatkan sebagai Komandan Upacara, Wakil Ketua DPRK Aceh Utara, H. Mulyadi CH didaulat membacakan teks Proklamasi, dilanjutkan dengan Pembacaan UUD ’45 dipercayakan kepada Pengurus KNPI Aceh Utara Sudadi, dan yang bertindak sebagai pembaca doa dilakukan oleh Plt. Kepala Kantor Kemeterian Agama Aceh Utara, Drs. H. Munzir. M.Pd.
Peserta upacara yang diikuti berasal dari unsur TNI, Polri, PNS, siswa dan unsur organisasi pemuda, juga dihadiri Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf, Ketua DPRK Aceh Utara, H. Ismail Ajalil.SE, jajaran Forkopimda Aceh Utara, anggota DPRK, pimpinan SKPK, pimpinan BUMD, Veteran, tokoh masyarakat, tokoh agama serta unsur undangan lainnya.


Sementara itu, pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Aceh Utara tahun 2019, yang berjumlah 35 orang anggota merupakan para pelajar SLTA pilihan se-Kabupaten Aceh Utara, turut bergabung bersama TNI dan Polisi dengan sigap memasuki lapangan upacara dan siap menjalankan tugas.


Dalam pasukan Paskibraka Sarah Oktia Putri remaja berparas ayu diketahui merupakan siswi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Iskandar Muda, terpilih sebagai pasukan pembawa Baki Bendera dan yang bertugas menaikkan bendera adalah Farhanis dari SMAN 1 Lhoksukon, Yofie Muhammad Alifsyah dari SMAN 3 Putra Bangsa Lhoksukon dan Dahrian Nur dari SMA Swasta Nurul Islam.


Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-74 17 Agustus 1945 - 17 Agustus 2019 kemerdekaan Republik Indonesia selain digelar di lapangan serbaguna Lhoksukon, upacara juga digelar di 27 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Utara yang dipimpin oleh masing-masing Camat.


Usai upacara peringatan HUT RI ke 74, Bupati H. Muhammad Thaib dan Wakil Bupati Fauzi Yusuf serta jajaran Forkopimda Aceh Utara menyambangi Rumah Tahanan (Rutan) Lhoksukon. Dalam kunjungan tersebut Bupati H. Muhammad Thaib untuk melakukan penyerahan Remisi kepada narapidana yang menjalani hukuman penjara di Rutan Kelas 2B tersebut. (mahlel)
Bagikan:
KOMENTAR