Wabup Pidie Jaya Himbau Warga Sadar Akan Kebersihan, Jangan Buang Sampah Sembarangan


Minggu, 23 Mei 2021 - 19.37 WIB



PIDIE JAYA
- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) “siluman” banyak bermunculan di seputar wilayah Kabupaten Pidie Jaya di bebeberapa lokasi meksipun sudah sering dibersihkan oleh dinas terkait. 


Sementara itu wakil Bupati Pidie Jaya, H. Said Mulyadi, SE, M.Si menghimbau masyarakat sadar akan kebersihan di Kabupaten Pidie Jaya.

“Semua masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, S
supaya kebersihan lingkungan, tetap terjaga dengan baik, sudah sering himbauan dilakukan namun, masih ditemukan masyarakat yang kurang sadar akan kebersihan dan masih membuang sampah sembarangan,”ungkap Said Mulyadi.


Said Mulyadi, berharap pada  masyarakat untuk tidak sepenuh nya mengandalkan pemerintah dalam penanganan sampah, meskipun sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah dalam melakukan pengolahan sampah, namun banyak kendala yang dihadapi dalam pelayanan, seperti keterbatasan armada pengangkut juga sumber daya manusia.

"Jangan lah diserahkan semuanya kepada pemerintah," ujar Said Mulyadi, pada Minggu (23/5/2021) kepada wartawan.

Dia juga berpesan agar jangan membuang sampah sembarang tempat. “Jangan membuang sampah sembarang, pesan semacam ini sudah terlalu sering kita baca dan dengar.
Namun, kita terus membuang sampah semau kita, di mana saja dan kapan saja. Tidak ada rasa malu dan semakin membudaya, lalu, cepat-cepat, kita cuci tangan dan berkata, ”Ah ada pemerintah, ada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten, Itu tugas mereka.” terangnya.

Kalau program sampah tak di dukung maka apa pun yang di lakukan pemerintah akan sia-sia jika tak di barengi dengan kesadaran warga nya.

“Apapun yang dilakukan pemerintah akan sia-sia jika tidak dibartengi dengan kesadaran warganya dalam membuang sampah. Oleh karena itu buanglah sampah pada tempatnya, kalau bisa pisahkan sampah organik dan non organik.” cetus Said Mulyadi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Pidie Jaya, melalui Kabid Kebersihan, Reza Munaldi menegaskan, pengelolaan sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab DLHK saja tetapi tangung jawab bersama.

"Tapi bersama-sama untuk menjaga Pidie Jaya bersih dan terawat," sampaikannya kepada media ini usai kegiatan gotong rotong di Pantai Wisata Islami Kuthang Trienggadeng.

Pentingnya bagi masyarakat untuk memiliki kesadaran membuang sampah pada tempatnya, Penanganan sampah hanya bisa efektif bila semua elemen masyarakat sadar lingkungan, Mulai dari tidak membuang sampah sembarangan serta memamfaatkan fasilitas yang sudah tersedia.(Red)
Bagikan:
KOMENTAR