Forkab Angkat Bicara Soal Pemberhentian Ketum PNA Irwandi Yusuf


Minggu, 08 September 2019 - 09.49 WIB


BANDA ACEH – Ketua Umum DPP Forkab Aceh, Polem Muda Ahmad Yani yang akrab disapa Polem menilai Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Nanggroe Aceh (PNA) yang diselenggaran oleh Majelis Tinggi Partai (MTP) PNA di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Kamis (5/9) menyalahi AD/ART PNA.


Menurut Polem, Ketua Majelis Tinggi Partai (MTP) PNA, Muksalmina alias Irwansyah, perlu membaca atau menelaah ulang AD/ART PNA, apalagi publik menilai jabatan Majelis Tinggi Partai, adalah jabatan yang dituakan dan dihormati dalam Struktur Partai-Partai Politik.


Pasca kongres PNA yang diadakan oleh MTP PNA di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, dalam hal ini Ketua MTP PNA perlu mengkaji keabsahan dan legalitas kegiatan tersebut, Ketua MTP PNA juga perlu membaca dan perhatikan Anggaran Dasar (AD) PNA Pasal 57 Ayat 5 disebutkan bahwa Dewan Pimpinan Pusat Sebagai Penyelenggara Kongres dan Kongres Luar Biasa, dan juga Pasal 21 Ayat 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 tentang Ketua Umum PNA. Dan juga termaktub di dalam Anggaran Rumah Tangga (ART) PNA disebutkan pada Pasal 6 Ayat 4 disebutkan Majelis Tinggi Partai dibantu oleh Sekretaris yang diusulkan oleh Dewan Pimpinan Pusat, dan pada Pasal 4, Pasal 5 tentang mekanisme atau cara Pemberhentian Anggota.


Dikutip dari laman serambinews.com 6/9/2019 tentang Majelis Tinggi PNA Berhentikan Irwandi, tunjuk Tiyong sebagai penganti. Dalam berita tersebut bahwa Ketua MTP PNA mengatakan, karena Ketua Umum DPP PNA Irwandi terjerat kasus hukum dan putusan bersalah dari pengadilan tipikor dan pengadilan tinggi Jakarta.


Sehingga telah menyebabkan ketua umum DPP PNA berhalangan dalam menjalankan tugas dan wewenangnya sebagaimana yang dimandatkan oleh Kongres I PNA, ungkap Irwansyah memberi alasan tentang keputusan pergantian dan menunjuk Tiyong sebagai Plt Ketum.


Polem menilai, ini salah satu bentuk gagal paham dalam menjalankan aturan Ad/Art PNA. Dalam Anggaran Rumah Tangga ( ART ) Pasal 4 ayat 1 s/d 5 tentang pemberhentian Anggota, tidak ada 1 (satu) ayat pun mengatakan, bila terjerat kasus hukum, diberhentikan dari keanggotaan PNA. Dalam hal ini Polem merasa janggal perihal keputusan yang merasa sarat akan kepentingan. Presiden Republik Indonesia bukan penduduk Aceh, tetapi ketika mengambil keputusan penuh pertimbangan dan kajian, tidak langsung memecat Irwandi Yusuf sebagai Gubernur Aceh.


Polem menyayangkan sikap arogansi Ketua MTP PNA, mengambil kebijakan tanpa mengacu pada aturan Ad/Art PNA, Pengurus PNA satu Visi, satu Misi, satu keluarga dan sama-sama berdarah aceh. Harusnya dalam kondisi sekarang ini, Pengurus PNA memberikan dukungan, semangat, dan motivasi kepada Ketum PNA, Irwandi Yusuf, ini malah sebaliknya, mencoba membunuh karier dan terkesan mengambil kesempatan dalam kesempitan atau dalam keadaan musibah.


Dengan kejadian seperti ini, Ketum PNA, Irwandi Yusuf bisa menilai siapa-siapa Pengurus PNA yang loyal dan taat aturan Ad/Art PNA atau tidak sarat kepentingan individu/Kelompok.


Tambah Polem, dikutip dari laman serambinews.com 4/9/2019 tentang 224 Pimpinan Kecamatan PNA desak Kongres ganti Irwandi, dilihat dari isi berita tersebut Polem menduga adanya pihak-pihak yang melakukan lobby kepada Pengurus DPW PNA dan Pengurus DPK PNA, agar terlaksana Kongres Luar Biasa (KLB) PNA dengan tujuan bisa Pemberhentian/Pemecatan Ketua Umum PNA, Irwandi Yusuf.


Polem juga menduga, perihal Kongres Luar Biasa (KLB) PNA ini, ada keterkaitan dengan masalah-masalah yang berjadi selama ini, seperti Pemberhentian Samsul Bahri alias Tiyong sebagai Ketua Harian PNA dan beberapa masalah lainnya.


Menurut Polem, Ketum PNA, Irwandi Yusuf, berhak memberhentikan/mengangkat anggota Pengurus, termaktub Pasal 21 Ayat 5 dan 6 dalam Anggaran Dasar (AD) PNA.


Polem menambahkan, seharusnya Tiyong paham/mengerti kode etik dan aturan Ad/Art PNA, dan menerima keputusan Ketum PNA, Irwandi Yusuf dengan bijaksana. Polem melihat malah  sebaliknya.


Pasca pemberhentian Tiyong dari Ketua Harian, ternilai secara langsung, bahwa dari masalah selama ini diberitakan tentang PNA, tiyong dengan jelas, tidak menerima putusan tersebut. Polem melihat, Tiyong telah lama melakukan manuver-manuver pencitraan politik, yang sangat merugikan PNA di hadapan publik, perlu kita ketahui, bahwa Tiyong adalah mantan Pengurus Partai Aceh lalu bergabung ke PNA, ketika Tiyong sudah menjadi pengurus PNA, dan juga pernah mengajukan surat pengunduran diri dari kepengurusan PNA lebih dari satu kali.


Terlebih anehnya lagi Tiyong mengatakan pada laman serambitv.com 26/8/2019 dalam wawancara eksklusif “kalau saya gaduh, PNA Cuma 1 Kursi. jelas ini terkesan pencitraan pribadi. Menurut Polem, orang hebat itu berdasarkan pengakuan dari orang lain, bukan pengakuan dari diri sendiri. sesuai jejak Media Online, jauh dari kata sesuai dengan yang dia jalankan selama ini. Polem yakin dan percaya, klau bukan karena sosok seorang Irwandi Yusuf, tidak akan pernah PNA berdiri, Tiyong patut bersyukur karna bisa bergabung dalam PNA.


Apalagi ingin menyamakan kedudukan dengan Irwandi Yusuf, Tiyong tidak ada apa-apanya dibandingkan Irwandi Yusuf, yang jelas jejak karir Politiknya di Aceh dan diluar Negeri. Sepertinya kita perlu menanyakan untuk siapa dia bekerja. Kemenangan Irwandi Yusuf sebagai Gubernur Aceh, Pengurus dan Kader Forkab Aceh 100% mendukung Irwandi Yusuf sebagai Calon Gubernur Aceh, dan juga kemenangan Legislatif, Pengurus dan Kader Forkab Aceh hampir 75% mendukung calon legislatif yang diusung PNA, Irwandi yusuf adalah sosok yang layak untuk memimpin Pemerintahan Aceh, karena publik menilai program-program beliau ketika menjabat Gubernur Aceh diterima oleh masyarakat dan program-program itu sangat bermamfaat dirasakan oleh masyarakat Aceh, wajar bila Irwandi Yusuf mendapat kepercayaan  2 (dua) periode masa kepemimpinan di Pemerintah Aceh, karena sosok Kepemimpinan Irwandi yang diharapkan Masyarakat Aceh, apalagi sebagai Pemimpin Partai Politik!.


Menurut Polem, berbicara persoalan Jabatan Ketum PNA Irwandi Yusuf, beliau paham dan mengerti, kapan waktu yang tepat untuk mengadakan Kongres Luar Biasa (KLB) PNA, tentu beliau melihat dari segala segi, demi menjaga marwah Partai, hal ini beliau lakukan berdasarkan kajian-kajian pengalaman Politik.


Berbicara isu-isu dilapangan, Plt. Gubernur Aceh menelantar dan mengabaikan Tim Pemenangan Irwandi-Nova, dugaan polem, ini karna adanya miskomunikasi antara Tim Pemenangan dengan Nova, dan juga ada oknum-oknum Partai Politik yang mendesain agar pemerintahan Irwandi-Nova ternilai gagal secara Politik dan Masyarakat Aceh.


Sebaliknya, Nova tidak ada niat menelantarkan dan mengabaikan teman-teman yang telah berjasa secara tenaga dan harta untuk tercapai puncak kemenangan. Dalam menjalankan program Aceh Hebat perlu dukungan, dorongan dan pemikiran-pemikiran demi suksesnya program Aceh Hebat Irwandi – Nova.


Ketika Polem duduk disebuah Caffee bersama beberapa orang mahasiswa, singkat cerita, salah seorang mahasiswa mengeluarkan kata-kata mutiaranya, berupa candaan “ Kejam-Kejam Ibu Tiri, Lebih Kejam Kawan Sendiri “ PNA, menurut polem, walaupun kata ini berupa candaan, tapi sangat bermakna, semoga kita tidak termasuk orang demikian, menghalalkan segala cara untuk mendapatkan kekuasaan/jabatan.
Semoga kita rakyat Aceh yang dikenal sebagai Serambi Mekkah dan kental dengan Syariat Islam.


Semoga termotivasi bisa lebih mengedepankan persaudaraan dan persatuan, untuk menggapai tujuan dan cita-cita rakyat Aceh.(ril)
Bagikan:
KOMENTAR