Tabuhan Rapa'i Tanda Resmi Bursa Inovasi Desa Syamtalira Bayu Dibuka


Rabu, 28 Agustus 2019 - 08.29 WIB


LHOKSOKON - Tim Pelaksana Inovasi Gampong (TPIG) Kecamatan Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara menggelar Bursa Inovasi Desa (BID) Tahun   2019 yang dilaksanakan di Aula Balai Desa Kecamatan setempat, Selasa (27/08) kemarin. Bursa Inovasi Desa (BID) ini secara resmi dibuka oleh Bapak Wakil Bupati Kabupaten Aceh Utara yang diwakili oleh Kepala Dinas DPMPP-KB Kabupaten Aceh Utara Fakrurradhi, SH, MH.


Ketua TPIG Kecamatan Syamtalira Bayu, Tgk. Bantaruddin menyampaikan, bahwa acara ini diikuti oleh seluruh Gampong yang ada di Kecamatan Syamtalira Bayu sebanyak 38 Gampong dengan total peserta 114 orang. Setiap Gampong dihadiri oleh Geuchik, Ketua Tuha  Peut dan satu orang tokoh perempuan.


Bursa Inovasi Desa (BID) ini digelarkan sebagai sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa, dan merupakan media belajar bagi masyarakat dan pemerintah desa untuk memperoleh informasi (referensi) yang dapat mendukung pembangunan desa, kata Bantaruddin.


Adanya BID membuat pemerintah desa memiliki referensi dalam merencanakan dan menjalankan pembangunan desa, serta menggunakan Dana Desa (DD) secara lebih optimal, inovatif dan berkualitas, ujar Bantaruddin.


Kemudian beliau melanjutkan, Bursa Inovasi Desa (BID) Kecamatan Syamtalira Bayu langsung dipandu oleh para pendamping profesional TAPM, PD dan PLD, acara tersebut turut dihadiri para stakeholder dan instansi terkait yang ada di Kabupaten Aceh Utara.
Perlu diketahui BID wajib dilaksanakan di kabupaten di seluruh Indonesia dan dikelola oleh Tim Inovasi Kabupaten (TIK). Namun pada 2019, BID dilaksanakan di tingkat kecamatan yang dikelola oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) kecamatan, sehingga lebih dekat ke desa. Baik dilaksanakan di kecamatan maupun Cluster Kecamatan. (Red)

Bagikan:
KOMENTAR