Gampong NGA LB Adakan Sosialisasi Pola Hidup Sehat dan Tatacara Mengurus Jenazah


Kamis, 22 Agustus 2019 - 22.48 WIB


Aceh Utara - Dalam rangka menanamkan prilaku hidup bersih dan sehat ( PHBS ), Pemerintahan Gampong Nga LB Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara menggelar kegiatan sosialisasi penyuluhan pola hidup sehat, Kamis (22/08).


Acara tersebut di ikuti oleh ibu-ibu PKK , para kader Posyandu, para aparatur Gampong dan juga Masyarakat Gampong Nga LB, serta ikut juga dihadiri oleh Kasi PMD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan juga pendamping Lokal Desa.


Sementara itu Geuchik Gampong Nga  LB Tgk. Tarmizi Kepada KabarSATU.info  mengatakan, Sosialisasi pola hidup sehat ini bertujuan agar masyarakat Gampong mengetahui bagaimana cara hidup sehat secara Alami, baik sehat tempat , makanan, lingkungan mau yang lain.


Beliau menambahkan bahwa selama ini memang Masyarakat telah hidup dengan pola sehat, "dimana itu dilihat dengan lahirnya Bank sampah di Gampong kami, jadi tidak ada lagi sampah sampah yang berserakan, ini juga merupakan bagian dari pola hidup sehat.


Selanjutnya Tgk. Tarmizi juga mengharapkan dengan adanya acara penyuluhan pola hidup sehat ini , Masyarakat juga dapat meningkatkan upaya-upaya untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dalam kehidupan sehari harinya agar lebih sehat lagi.


"Penyuluhan ini kita anggarkan dari sumber anggaran dana Desa, dan tidak hanya itu, kita juga mengadakan Penyuluhan Bahaya Narkoba, serta Latihan tatacara memandikan mayat kepada Masyarakat Gampong karena sekarang kita lihat banyak sekali Masyarakat yang kurang peduli tentang tatacara memandikan mayat ( mengurus Jenazah ), sehingga ketika ada orang meninggal di Gampong hanya orang orang itu saja yang bisa mengurus jenazah, maka dengan kita lakukan penyuluhan tatacara memandikan mayat sehingga akan melahirkan generasi-generasi baru yang muda muda dan lebih tampil kedepannya, Ujar Geuchik Tarmizi.


Sementara itu dalam penyuluhan pola hidup sehat, narasumber yang diundang dari Puskesmas Lhoksukon, yang diwakili oleh Bukhari, dalam paparannya menyampaikan sepuluh prilaku hidup bersih dan sehat ( PHBS )  di rumah tangga, yaitu dengan pola hidup sehat untuk giat bekerja.


Ada sepuluh indikator untuk PHBS di lingkungan rumah tangga, yaitu, Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, Memberikan bayi ASI eksklusif, Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan ,Menimbang bayi dan balita, Menggunakan air bersih, Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, Menggunakan jamban sehat, Memberantas jentik di rumah, Makan buah dan sayur setiap hari, Melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan Tidak merokok di dalam rumah. ( AG)

Bagikan:
KOMENTAR