Debat Pilpres, Penampilan Ma'ruf Amin Paling Ditunggu


Kamis, 17 Januari 2019 - 11.29 WIB


Ist
JAKARTA - Penampilan para calon wakil presiden di debat pertama pilpres malam ini, Kamis (17/1/2019), dinilai lebih ditunggu dibandingkan calon presidennya. Lebih khusus lagi, penampilan calon wakil presiden yang paling dinanti adalah dari nomor urut 01, Ma'ruf Amin.


"Karena apa? Ma'ruf Amin ini waktu dipilih kan juga kontroversial. Menggeser tokoh nasional yang dari sisi pengalaman juga sudah senior," ujar pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, ketika dihubungi, Kamis.


Penampilan Ma'ruf Amin juga dinilai lebih ditunggu dibandingkan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno.


Sebab, dibandingkan dengan Sandiaga, ini merupakan pengalaman pertama Ma'ruf tampil dalam debat.


Publik sudah pernah melihat kemampuan Sandiaga dalam menjawab pertanyaan ketika debat Pilkada DKI 2017. Sementara Ma'ruf Amin belum pernah diketahui sejauh apa kemampuannya.


Selain itu, Ma'ruf Amin selama ini dikenal sebagai tokoh agama. Pengetahuan Ma'ruf mengenai tata kelola pemerintahan akan diuji dalam debat kali ini.


"Ini semua jadi misteri bagi masyarakat Indonesia dan misteri ini akan segera terkuak nanti malam," kata dia.


Jika Ma'ruf Amin bisa tampil ciamik dalam debat pertama ini, bukan tidak mungkin elektabilitas pasangan nomor urut 01 semakin naik.


Adapun debat dua calon presiden yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto tentu juga menjadi hal yang ditunggu. Namun, ini bukan pertama kalinya Jokowi dan Prabowo beradu dalam debat.


Ini juga bukan pengalaman debat pertama mereka. Kata Hendri, publik sudah mengetahui seperti apa gaya masing-masing dalam beradu argumen.


Ini sebabnya penampilan cawapres justru menjadi lebih ditunggu.


"Karena mereka adalah sosok baru," kata dia.


Baca Juga: Unduh Pendaftaran Relawan Demokrasi Pemilu 2019


Debat pertama digelar hari ini, 17 Januari 2019. Pesertanya adalah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Tema yang diangkat yaitu hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.


Debat pertama akan disiarkan empat lembaga penyiaran, yaitu TVRI, RRI, KOMPAS TV, dan RTV.



Sumber: Kompas
Bagikan:
KOMENTAR