Harga Bawang Putih Melonjak di Lhokseumawe


Sabtu, 29 April 2017 - 20.48 WIB


LHOKSEUMAWE – Harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, dalam dua hari terakhir ini melonjak dari Rp30 ribu menjadi Rp45 ribu/Kg, karena pasokan terbatas, sementara permintaan meningkat.


Salah seorang pedagang, Furqan di Pasar Inpres Lhokseumawe, Sabtu menyatakan, akhir-akhir ini pasaokan bawang putih baik lokal maupun dari luar negeri terus menurun, sementara permintaan tetap tinggi.


Ia menyebutkan, naiknya harga salah satu bumbu dapur itu secara bertahap. Awalnya dari Rp20 ribu naik menjadi Rp25 ribu/Kg, kemudian naik lagi menjadi Rp30 ribu/Kg. "Dan dalam dua hari ini bergerak naik lagi hingga mencapai Rp45 ribu/Kg. Kita khawatir menjelang Bulan Suci Ramadhan harganya bakal naik lagi," katanya.


Sementara itu, untuk komoditi bawang merah, malah harganya mengalami penurunan, khususnya bawang impor kini menjadi Rp8.000/Kg, sedangkan sebelumnya Rp15.000/Kg.


Untuk bawang merah lokal, harganya juga mengalami penurunan, akan tetapi tidak senigfikan, yakni Rp30 ribu menjadi Rp24 ribu/Kg, katanya. (ant)
Bagikan:
KOMENTAR